Minggu, 20 Maret 2016

"ETIKA PENANGANAN TAMU"

Etika Menerima Tamu

Dalam menerima tamu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh sekretaris antara lain :
• Apabila sudah ada janji, tepati waktu, apabila sedang ada tugas di luar kantor harus memberitahukan dan minta maaf untuk datang terlambat (prioritas perlu dipertimbangkan).
• Apabila tamu masuk, hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
• Berikan sapaan ramah kepada tamu.
1.Penanganan Ruangan Tamu
Sekretaris baiknya memeriksa tata ruangpenerimaantamu, khususnya yang berkaitanlangsungdalamhal-halberikut :
• Ruangan
harusnyaman, bersihdanrapi.
• Lengkapi ruangan tamu dengan perlengkapan seperti :
- buku tamu
- kartu pengenal tamu
- majalah/koran
- brosur/katalog perusahaan
- tempat sampah/asbak
• Tunjukanlah sikap untuk selalu siap menerima memberikan bantuan dan bersahabat.
2. Tata Cara Mengantar dan Melayani Tamu
a)Jangan membeda-bedakan tamu
b)Bagian penerima tamu adalah wajah perusahaan
c)Apabila tamu datang segera sambut
d)Ketika mengantar tamu tunjukan kearah yang dituju dan dengan telapak tangan kearah atas dan jari rapat, menuju kearah dengan telunjuk adalah sifat yang tidak sopan.
e)Ketika mengantar tamu ke tempat tujuan berjalan agak ke depan dengan posisi sedikit miring sambil sesekali menengok ke belakang untuk memperhatikan jalan tamu.
f)Membukakan pintu untuk tamu kalau pintu bergerak kearah dalam
g)Tamu yang diterima biasanya dipersilahkanuntukmasukdanmenunggudiruangantamu yang sudahdisediakanolehkantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar